Search This Blog

Durasi Berolahraga yang Diperlukan untuk Mencegah Kanker

Metrotvnews.com, Jakarta: Olahraga terbukti efektif meminimalisir risiko beberapa jenis penyakit. Namun, berapa durasi berolahraga yang tepat untuk mendapat manfaat tersebut?

Para peneliti di Amerika Serikat dan Australia melakukan meta-analisis dari 174 penelitian yang diterbitkan pada periode 1980 hingga 2016. Mereka meneliti efek olahraga pada lima penyakit kronis, yakni kanker payudara, kanker usus besar, diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Para peneliti mengamati, berolahraga pada titik tertentu menurunkan risiko pada kelima penyakit tersebut. Hasilnya, efek positif berolahraga paling efektif terjadi ketika individu memiliki tingkat aktivitas total  metabolik setara (MET) sebanyak 3000-4000 menit dalam seminggu. Namun, manfaat tersebut berhenti bila melebihi 4 ribu MET.

Ukuran MET mengungkapkan jumlah energi aktivitas fisik yang terhitung dari jumlah kalori yang terbakar, dikalikan dengan durasi waktu orang tersebut berolahraga.

Dalam situs resmi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menguraikan nilai MET yang bisa dihitung dari berbagai kegiatan, seperti mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan, bersepeda, mendaki gunung, atau menari aerobik.

Hasil penelitian, yang diterbitkan dalam BMJ mengungkapkan, bahwa rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terbaru yang menyarankan untuk melakukan aktivitas fisik setidaknya 600 menit MET seminggu, kemungkinan tak cukup.

Mereka mencatat bahwa seseorang dapat mencapai 3 ribu MET menit seminggu dengan memasukkan beberapa aktivitas fisik dalam keseharian, seperti naik tangga selama 10 menit, debu selama 15 menit, berkebun selama 20 menit, berjalan selama 20 menit, berjalan atau bersepeda selama 25 menit.

Meskipun meta-analisis terdiri dari studi observasional yang tidak menarik hubungan kausal, peneliti mengatakan hasil penelitian mereka menyarankan perlunya revisi pada rekomendasi global.

"Dengan penuaan populasi, dan peningkatan jumlah kematian kardiovaskular dan diabetes sejak 1990, diperlukan perhatian yang lebih besar dan investasi dalam intervensi untuk mempromosikan aktivitas fisik di masyarakat umum," tulis mereka seperti dikutip dalam Fox News.
Baca Berita Asal
Durasi Berolahraga yang Diperlukan untuk Mencegah Kanker
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Durasi Berolahraga yang Diperlukan untuk Mencegah Kanker"

Post a Comment

Powered by Blogger.