Search This Blog

Bermodal Rp3 Juta, Mahasiswa Ini Keliling India dan Nepal Selama 30 Hari

Metrotvnews.com, Jakarta: Bisa travelling dengan biaya seminim mungkin adalah target para backpacker. Hal itu juga yang diterapkan Pandhu Waskhita, mahasiswa yang memiliki minat terhadap travelling.

Selama ini, Pandhu berhasil bepergian dengan budget murah. Di antara daftar tempat yang pernah dikunjunginya, India dan Nepal yang paling berkesan. Sebab, ia hanya mengeluarkan kocek Rp3 juta saja selama 30 hari berada di sana.

Namun, diakui Pandhu, hal tersebut tidak mudah. Ada petualangan yang menyertainya.

"Saya hanya punya uang Rp3 juta. Awalnya berencana pergi bertiga sama teman yang saya kenal dari media sosial. Tapi menjelang hari H, mereka tidak ada kabar," ujar Pandhu, memulai kisahnya kepada Metrotvnews.com.

Pandhu yang sudah bersemangat sejak awal, tak mau membatalkan rencananya. Ia pun nekad pergi sendirian.

Kehabisan uang pada Hari ke-12

Minimnya uang yang dimiliki Pandhu sebenarnya sudah disadari akan menjadi kendala perjalanan laki-laki yang masih kuliah di Universitas swasta di Tangerang ini. Namun, ia tetap nekad.

Benar saja, uangnya habis pada hari ke-12 perjalanan. Kala itu, ia masih berada di India.

"Waktu itu yang tersisa di dompet cuma Rp 2 ribu," kenangnya sambil tergelak.

Pandhu tergolong masih beruntung. untuk tidur, ia diberi tumpangan menginap di rumah warga lokal. Di rumah itulah, sebuah ide tercetus. Pandhu menawarkan jasa menulis ucapan dari objek wisata yang disinggahinya. Untuk satu nama, Pandhu meminta ongkos Rp40 ribu.


(Foto: Dokumentasi Pandhu)

Hanya butuh dua jam, Pandhu sudah mendapat 20 permintaan.

Sebelumnya, Pandhu juga telah menjelajah beberapa negara Asia, seperti Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, dan Kamboja.

Kisah-kisah Pandhu selama travelling juga dituangkan dalam buku berjudul Bucket List. Dengan tagline "Khayal-khayal Dahulu, Keliling Dunia Kemudian, Pandhu ingin memberi inspirasi bahwa menggapai keinginan tidaklah sulit selama ada usaha, keyakinan, dan keberanian.

"Termasuk berani tidur di terminal dan mushala saat kepepet enggak ada uang," tutup Pandhu, sambil tertawa.
Baca Berita Asal
Bermodal Rp3 Juta, Mahasiswa Ini Keliling India dan Nepal Selama 30 Hari
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bermodal Rp3 Juta, Mahasiswa Ini Keliling India dan Nepal Selama 30 Hari"

Post a Comment

Powered by Blogger.