Search This Blog

Agar Angka Kematian Ibu Melahirkan Turun

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengimbau kaum hawa agar tidak menikah sebelum berusia 21 tahun.

Adapun yang sudah berusia di atas 35 tahun, diimbau untuk tidak coba-coba memiliki anak lagi.

Saran BKKBN ini untuk mencegah peningkatan angka kematian ibu saat melahirkan.

Pada usia 21 tahun, sel-sel reproduksi belum matang dan berpotensi ke arah kelahiran yang tidak berkualitas. Sementara pada usia melebihi 35 tahun, sel-sel reproduksi sudah lemah.

"Pemicu mengapa angka kematian ibu hamil yang meninggal saat melahirkan meningkat karena terlalu mudah melahirkan, yaitu sebelum 21 tahun, dan terlalu lama melahirkan, yakni setelah 35 tahun," kata Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty saat menyosialisasikan program Gerakan Berencana (Genre) di beberapa tempat di Kabupaten Pringsewu, Lampung.

"Makanya kita kampanyekan, jangan lagi ada ibu hamil atau melahirkan setelah 35 tahun karena sel-sel produksi wanita makin lemah. Nanti banyak risiko komplikasi yang mengancam keselamatan si ibu," tambahnya.

Surya mengungkapkan, pada pascareformasi atau dalam 18 tahun terakhir, grafik angka kematian ibu yang meninggal saat melahirkan meningkat dari tahun ke tahun.

"Meningkat dari 228 orang menjadi 359 per 100 ribu kelahiran hidup. Artinya, setiap 1,5 jam, di Indonesia ada ibu hamil yang meninggal saat proses melahirkan," ujar Surya.

Selain faktor usia terlalu muda dan tua saat melahirkan, juga karena masyarakat di Tanah Air sudah banyak yang melupakan program keluarga berencana (KB).

Ia menjelaskan program KB di era 1970-an berhasil menurunkan angka kelahiran total dari 5,6 anak menjadi 2,6 anak.

Pada kesempatan itu, Surya juga mendorong kaum perempuan atau ibu hamil untuk aktif menyusui sejak usia awal bayi mereka secara eksklusif hingga enam bulan, kemudian disempurnakan hingga dua tahun agar si bayi tumbuh sehat dan cerdas.

"Harus ASI eksklusif hingga 6 bulan tanpa setetes pun susu sapi atau formula dan diteruskan sampai dengan 2 tahun seperti yang diterangkan dalam Alquran, dan ditambah makanan pendamping ASI," ujar Surya.(H-2)
Baca Berita Asal
Agar Angka Kematian Ibu Melahirkan Turun
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Agar Angka Kematian Ibu Melahirkan Turun"

Post a Comment

Powered by Blogger.