Search This Blog

Positif Hadapi Penuaan Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Metrotvnews.com, Jakarta: Memiliki pikiran positif dalam menyikapi penuaan dapat mengurangi tingkat stres seseorang.

Sebuah penemuan menunjukkan bahwa berpikiran negatif dapat memengaruhi kualitas hidup yang berpengaruh pada kesehatan.

Orang lanjut usia yang tidak menunjukkan emosi negatif dan berperilaku positif dapat mengendalikan stres dengan lebih baik. Sebaliknya, mereka yang memiliki pandangan yang lebih negatif terhadap penuaan menunjukkan peningkatan tajam dalam emosional negatif yang berimbas pada hari-hari yang membuat stres.

Para peneliti menemukan bahwa respons emosional penyebab stres tersebut meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

"Hal ini memberitahu kita bahwa cara kita berpikir tentang penuaan memiliki konsekuensi yang sangat nyata tentang bagaimana kita menanggapi situasi sulit ketika kita tua," kata Shevaun Neupert, Associate Professor di North Carolina State University, USA.

Penelitian ini melibatkan 43 orang dewasa berusia 60-93 tahun yang menjawab pertanyaan harian selama delapan hari berturut-turut.

Pada awal penelitian, para peserta dimintai pendapat tentang bagaimana mereka menyikapi penuaan.

Misalnya, apakah mereka merasa tetap berguna seperti ketika mereka masih muda dan apakah mereka bahagia saat muda. Para peneliti juga melihat kepribadian para peserta dengan mempelajari tingkat keoptimisan para peserta dalam segala hal atau apakah mereka melihat keuntungan dari menjadi tua.

"Sikap terhadap penuaan bervariasi  pada setiap budaya dan lebih banyak pekerjaan akan perlu dilakukan untuk menentukan pentingnya sikap dalam menanggapi penuaan dalam bentuk lain," kata Jennifer Bellingtier, mahasiswa doktoral di North Carolina State University.

 
Baca Berita Asal
Positif Hadapi Penuaan Kurangi Risiko Penyakit Jantung
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Positif Hadapi Penuaan Kurangi Risiko Penyakit Jantung"

Post a Comment

Powered by Blogger.