Search This Blog

Memutihkan Gigi dengan Arang, Aman atau Berbahaya?

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah akun YouTube bernama Mama Natural mempraktekan cara memutihkan gigi dengan menggunakan campuran arang.

Video berdurasi 2 menit 47 detik itu hingga saat ini mendapat perhatian dari 1,5 juta penonton.

Video tersebut memperlihatkan Genevieve, sang pemilik akun yang menggosok giginya dengan arang (berbentuk suplemen) selama 3-5 menit sebelum mencucinya dengan air.

Ia mengklaim, giginya lebih putih setelah menggosoknya dengan suplemen arang yang bisa secara online itu.

"Bahan ini mudah menyerap, salah satu jenis termudah di dunia," katanya.

Ia menambahkan, beberapa rumah sakit menggunakan bahan ini jika pasien mengalami keracunan karena dapat menyerap hal-hal yang ingin dihilangkan dari tubuh. Ia menuturkan, alasan tersebut juga berlaku untuk gigi karena dapat menyerap bakteri, racun dan noda.

Apa yang disarankan Genevieve mendapat sorotan dari para dokter gigi.

Sebagai informasi, Asosiasi Dokter Gigi Amerika belum mengevaluasi atau menyetujui produk pemutih gigi berbahan arang karena tingkat abrasititas yang belum diketahui.

"Saya khawatir dengan efek jangka panjang setelah melihat video ini. Gigi adalah satu-satunya ektoderm yang tidak bisa sembuh sendiri. Jika Anda mewarnai rambut, menindik telinga, atau merusak kuku, itu akan sembuh dengan sendiri. Tapi tidak dengan gigi," ujar Dr Susan Maples, dokter gigi yang berbasis di Michigan.

Ia menambahkan, ada perbedaan antara produk yang disetujui dengan yang tidak. Misalnya, produk yang disetujui akan merembes melalui email gigi, dan masuk ke lapisan gigi yang disebut dentin sehingga memengaruhi warna gigi.

Namun, produk semacam itu kadang membuat email gigi erosi, yang pada akhirnya membuat gigi sensitif atau berlubang.

Sementara, dokter gigi tak tahu seberapa kuat suplemen arang akan bekerja, hingga bisa menyebabkan gigi bernoda.

"Ketika Anda kehilangan email, maka gigi akan menjadi sensitif dan berwarna lebih gelap. Karena tak bisa menumbuhkannya kembali, yang bisa Anda lakukan adalah restorasi," tambahnya.

Untuk memutihkan gigi, disarankan untuk menggunakan prosedur resmi untuk menghindari erosi akibat pemakaian obat jangka panjang.
Baca Berita Asal
Memutihkan Gigi dengan Arang, Aman atau Berbahaya?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Memutihkan Gigi dengan Arang, Aman atau Berbahaya?"

Post a Comment

Powered by Blogger.