Search This Blog

Manfaat Kesehatan Menjadi Sukarelawan di Usia Senja

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi mengungkapkan bahwa menjadi sukarelawan baik untuk kesehatan mental, terutama bagi mereka yang berusia di atas paruh baya.

Laporan yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ Open tersebut mensurvei 5 ribu orang yang berumah tangga di Inggris selama beberapa tahun. Sekitar 20 persen dari mereka menjadi sukarelawan.

Berdasarkan kuesioner yang mengukur kesehatan mental dan kesejahteraan, semakin rendah skor berarti semakin sehat, mereka yang menjadi sukarelawan mendapat nilai 10,7 dan mereka yang tidak menjadi sukarelawan memiliki nilai 11,4.

Sukarelawan yang diartikan sebagai memberikan dengan tujuan, membantu memelihara jaringan sosial yang sangat penting bagi orang tua seiring bertambahnya usia.

Menariknya, orang-orang yang berusia di atas 40 tahun memiliki manfaat yang lebih banyak dari kegiatan tersebut. Semakin tua orang tersebut, semakin kuat manfaat yang didapat, terutama bila intensitas semakin banyak.

"Salah satu penjelasannya, saat usia masih muda, sukarelawan dianggap sebagai kewajiban untuk dipenuhi sebagai orang yang baik, sehingga tak memberi efek bagi keseharan," ujar peneliti, seperti dilansir TIME.

Selain studi ini, ada studi lain yang menunjukkan bahwa orang berusia di atas 50 tahun yang menjadi sukarelawan secara teratur memiliki peningkatan tekanan darah yang lebih minim dibandingkan mereka yang bukan sukarelawan.
Baca Berita Asal
Manfaat Kesehatan Menjadi Sukarelawan di Usia Senja
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manfaat Kesehatan Menjadi Sukarelawan di Usia Senja"

Post a Comment

Powered by Blogger.