Search This Blog

Ini Alasan Pasien Kemoterapi Harus Minum Obat Hepatitis

Metrotvnews.com, Jakarta: Kemoterapi merupakan tindakan untuk membunuh sel-sel kanker. Kemoterapi mengandung risiko mempercepat progresi virus hepatitis B yang awalnya tidak aktif.

"Dalam obat-obatan kemoterapi biasanya terdapat imunosupresan yang mengandung steroid yang bisa membangunkan virus hepatitis B," terang dr. Irsan Hasan SpPD-KGEH dari Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia.

Itu sebabnya, pasien kanker yang hendak menjalani kemoterapi dianjurkan untuk melakukan tes hepatitis terlebih dahulu. Setelahnya, mengonsumsi obat hepatisis juga harus dilakukan bersamaan dengan kemoterapi.


"Ada kasus-kasus di mana pasien menjalani kemoterapi manjadi sembuh kankernya, tetapi malah muncul masalah baru di liver," tambahnya.

Sayangnya, penyakit hepatitis sulit terdeteksi. Akibatnya, penanganan pun jadi terlambat sehingga tak mampu menolong penderita.

"Rata-rata baru ketahuan saat sudah memasuki masa kronis," ujarnya.

Hepatitis merupakan penyakit peradangan pada organ hati manusia. Penyebabnya beragam. Bisa karena virus, bakteri, obat-obatan, alkohol, dan zat berbahaya lain.
Baca Berita Asal
Ini Alasan Pasien Kemoterapi Harus Minum Obat Hepatitis
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Alasan Pasien Kemoterapi Harus Minum Obat Hepatitis"

Post a Comment

Powered by Blogger.