Search This Blog

Bayi 1 Tahun Lebih Riskan Alami Kerusakan Mata Permanen

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian baru menemukan bahwa anak berusia 1 tahun paling sering mengalami kerusakan mata permanen akibat bahan kimia.

Penelitian sebelumnya percaya bahwa pekerja berusia muda memiliki risiko yang lebih besar, mengingat lingkungan tempat bekerja berpotensi menyemburkan bahan kimia. Namun, ternyata balita 1 tahun dua kali lipat lebih mungkin mengalami luka mata terbakar, sama seperti mereka yang berusia 24 tahun yang memiliki tingkat tertinggi dalam hal tersebut di antara orang dewasa.  

Selain itu, balita 1 tahun juga 13 kali lipat lebih mungkin mengalami luka bakar mata dibandingkan anak berusia 7 tahun.

Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health tersebut menganalisa data dari tahun 2010-2013 dari Emergency Department Sample yang melihat pada 30 juta kunjungan UGD di lebih dari 900 rumah sakit di Amerika. Lebih dari 144 ribu kasus berhubungan dengan luka bakar mata karena bahan kimia.

Dokter mengungkapkan bahwa itu adalah cedera mata terparah. Semakin lama kandungan alkalin, misalnya, berada dalam mata, maka struktur dalam mata juga akan semakin rusak dan menghambat pengobatan.

Kebanyakan balita tersebut terkena luka bakar mata dari peralatan kebersihan rumahtangg yang berada di bawah wastafel atau kloset. Botol semprot adalah penyebab utama yang membuat mata mudah terkena bahan kimia. Luka biasanya terjadi di rumah dengan pendapat keluarga rendah dan lebih banyak di bagian selatan Amerika.

"Cedera mengerikan ini sering terjadi pada anak terkecil di rumah yang seharusnya mereka dijauhkan. Anak-anak ini terkena bahan kimia, seperti pembersih, yang tidak disimpan dengan baik," ujar pemimpin studi R. Sterling Haring dalam sebuah pernyataan.

Untuk menghindarinya, lakukan beberapa hal sederhana seperti mengunci tempan penyimpanan peralatan kebersihan atau meletakkannya di tempat yang lebih tinggi. Ajarkan anak untuk menjauh dari benda-benda tersebut dan gunakan botol yang bisa terkunci otomatis saat tak gunakan.

"Ini adalah masalah yang cukup besar di Amerika Serikat. Penelitian kami menunjukkan bahwa diperlukan strategi pencegahan khusus untuk menjaga agar semua kalangan dari berbagai usia tak mengalami cedera," tutup Haring.
Baca Berita Asal
Bayi 1 Tahun Lebih Riskan Alami Kerusakan Mata Permanen
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bayi 1 Tahun Lebih Riskan Alami Kerusakan Mata Permanen"

Post a Comment

Powered by Blogger.