Search This Blog

6 Bahaya Tidak Melepas Lensa Kontak Saat Tidur

Metrotvnews.com, Jakarta:  Lensa kontak merupakan salah satu solusi bagi mereka yang enggan menggunakan kacamata. Anda pun dapat bebas memiliki warna dan model mengikuti tren yang berkembang saat ini.

Berdasarkan survei, setengah dari orang yang menggunakan lensa kontak jarang mengikuti petunjuk keselamatan yang direkomendasikan. Misalnya, menggunakan lensa kontak saat tidur.

Ada 6 dampak jika menggunakan lensa kontak sambil tidur.

1. Mata merah

Menggunakan lensa kontak saat tidur menyebabkan iritasi, sehingga mata menjadi merah. Penggunaan yang tidak tepat juga membuat mata menjadi sensitif.

2. Ulkus kornea

Ulkus kornea merupakan luka terbuka pada mata yang terjadi akibat goresan ketika menggunakan kontak lensa pada saat tidur.  

3. Kekurangan oksigen

Lensa kontak dapat menghilangkan pasokan oksigen ke mata ketika Anda lupa melepasnya. Seperti organ tubuh lainnya, mata Anda membutuhkan oksigen yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik. Jangan gunakan lensa kontak lebih dari 8 jam.

4. Kebutaan

Tidur dengan menggunakan lensa kontak dapatberpengaruh terhadap kesehatan mata sehingga kualitas penglihatan menjadi menurun, hingga mengakibatkan kebutaan.

5. Peradangan

Jika Anda memiliki kebiasaan tidur dengan lensa kontak sehari-hari, itu dapat menyebabkan peradangan di dalam mata.

6. Infeksi

Tidur dengan lensa kontak juga dapat menyebabkan infeksi. Ketika permukaan lensa menyebabkan luka mikroskopis pada mata saat tidur, bakteri dapat memperburuk infeksi lebih lanjut. Dalam jangka panjang, situasi ini dapat menyebabkan masalah mata yang lebih serius.
Baca Berita Asal
6 Bahaya Tidak Melepas Lensa Kontak Saat Tidur
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Bahaya Tidak Melepas Lensa Kontak Saat Tidur"

Post a Comment

Powered by Blogger.