Search This Blog

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Orang Usia Muda

Metrotvnews.com, Jakarta: Usia muda adalah saat di mana seseorang sedang memasuki masa produktif, mereka bisa melakukan banyak hal tanpa was-was terjadi sesuatu yang menyerang tubuhnya. Bahkan saat merasa lelah pun, seringkali dirasa bukan kendala berarti.

Dewasa ini, seseorang yang berusia muda 'seakan' tak peduli dengan kesehatannya. Apalagi di era modern seperti sekarang ini, banyak di antara mereka yang tak berperilaku hidup sehat dan konsumtif.

Perilaku tersebut yang akhirnya juga membawa mereka untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat pula. Seperti junk food atau makanan cepat saji, makanan manis, gorengan, daging dan lainnya.

Walaupun tak dipungkiri, santapan tersebut memang lezat dan membuat penikmatnya ketagihan. Mereka seolah lupa, bahwa tubuhnya juga perlu terkena asupan vitamin dari sayur dan buah. Sayangnya, banyak orang usia muda yang tidak suka makan sayur. Padahal, kandungan serat di dalamnya berguna mencegah terserang beberapa penyakit berbahaya.

Tak kalah pentingnya, rokok dan juga banyak digemari di kalangan mereka. Meskipun mereka tahu bahwa kedua hal ini berbahaya jika dikonsumsi, tapi lagi-lagi diabaikannya.

Jika ini terus menerus terjadi, bisa jadi mereka akan terserang penyakit yang berbahaya. Kini, penyakit mematikan seperti jantung dan stroke bisa menyerang siapa saja, tak memandang usia.

Berikut ini beberapa penyakit yang rentan menyerang orang usia muda:

1. Jantung

Penyakit yang kerap menyerang umur 60 tahun ke atas ini, belakangan ini sering terjadi pada anak muda. Gejala penyakit jantung salah satunya adalah nyeri pada dada yang disebabkan oto dan jantung tidak mendapatkan suplai oksigen.

Salah satu faktor terjadinya jantung adalah rokok. Di balik nikotin yang membuat penghisapnya ketagihan ini, bisa meningkatkan frekuensi denyut jantung, tekanan darah, kebutuhan oksigen jantung dan menyebabkan gangguan irama denyut jantung. Jantung merupakan penyebab kematian nomer satu, jadi sebaiknya Anda bisa mencegahnya sejak dini.

2. Stroke

Stroke juga biasanya terjadi pada seseorang dengan lanjut usia, namun kini penyakit ini banyak menyerang anak muda. Penyakit yang menduduki peringkat 3 penyebab kematian setelah jantung dan kanker ini adalah kondisi di saat pasokan darah ke otak terhenti karena adanya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Seseorang bisa terserang stroke karena tak bisa menjaga pola makan, merokok dan kurang olahraga. Tak hanya itu saja, stroke bisa terjadi karena tekanan darah tinggi, kegemukan, detak jantung tidak teratur dan diabetes.

3. Kanker Payudara

Bagi kaum hawa disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran dan buah sejak dini guna mencegah tumbunnya benjolan di sekitar payudara yang bisa mengakibatkan kanker. Seperti yang dikatakan seorang ahli kanker Caroline E. Boeke yang bekerja pada pusat studi di Brigham dan Rumah Sakit Wanita di Boston.

Ia mengatakan kepada Reuters Health bahwa mengonsumsi sayuran bisa menjadi salah satu cara mencegah penyakit tersebut. Caroline menjelaskan karotenoid yang memberikan warna merah, kuning dan oranye pada buah serta hijau pada sayuran bisa menangkal kanker payudara.

"Penelitian ini berusaha menghubungkan antara makan sayur saat remaja, ketika jaringan payudara masih berkembang, dan memiliki penyakit payudara jinak, satu dekade kemudian, meningkatkan resiko kanker di usia pertengahann. Mereka yang memiliki penyakit payudara jinak, beresiko satu setengah atau dua kali lebih banyak terkena kanker payudara," jelas Caroline.

Selain itu, disarankan untuk tidak mengkonsumsi alkohol dan juga merokok. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayur seperti wortelm ubi jalar, kangkung, bayam dan labu.

4. Osteoporosis

Osteoporosis merupakan kondisi saat tulang berkurang kepadatannya yang membuat tulang menjadi keropos. Penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala seperti badan membungkuk, sakit punggung, cedera dan berkurangnya tinggi badan. Penyakit ini juga identik dengan kurangnya asupan kalsium pada seseorang dan kekurangan vitamin D.

Untuk mencegahnya, Anda disarankan mengonsumsi banyak kalsium pada susu yang sangat baik untuk tulang serta perbanyak vitamin D. Selain itu, juga hindari rokok dan alkohol, serta olahraga yang teratur.

5. Diabetes

Diabetes merupakan keadaan dimana tubuh memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Tubuh manusia membutuhkan gula  (glukosa) agar bisa berfungsi dengan normal, dan ini dikendalikan oleh hormon insulin. Apabila tubuh mengalami kekurangan insulin, maka kadar glukosa darah akan meningkat drastis.

Agar terhindar dari diabetes, seseorang disarankan untuk menjaga pola makan, olahraga teratur serta tidak mengkonsumsi alkohol dan rokok.

Karena penyakit berbahaya berpeluang menyerang kapan pun dan menimpa siapa saja, maka Anda mesti melakukan proteksi dengan menjalani pola hidup sehat dan melakukan perencanaan keuangan.

Perencanaan keuangan penting untuk mengantisipasi biaya berobat di rumah sakit yang tidak murah. Asuransi kesehatan merupakan bentuk perencanaan keuangan yang dapat membantu pembiayaan pengobatan Anda dan keluarga.

Asuransi kesehatan Simas Sehat dapat Anda pilih untuk melakukan perencanaan keuangan.  Asuransi kesehatan Simas Sehat memberikan jaminan untuk pengobatan penyakit jantung, juga beberapa penyakit kritis lainnya.
 
Anda tak perlu khawatir dengan biaya premi yang harus dibayarkan karena Simas Sehat menyediakan beberapa plan yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi finansial.

Tunggu apalagi? Jadikan Simas Sehat sebagai bagian dari perencanaan keuangan Anda dan keluarga. Gali informasi lebih dalam mengenai Simas Sehat melalui http://ift.tt/2acFQRw



Baca Berita Asal
5 Penyakit yang Rentan Menyerang Orang Usia Muda
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Penyakit yang Rentan Menyerang Orang Usia Muda"

Post a Comment

Powered by Blogger.