Search This Blog

Studi: Orang Pintar Lebih Jarang Beraktivitas Fisik

Metrotvnews.com, Jakarta: Studi baru menunjukkan bahwa orang pintar lebih suka bermalas-malasan dibandingkan rekan mereka yang aktif.

Temuan yang berbasis di Amerika Serikat tersebut mendukung gagasan yang menyebut orang-orang dengan IQ tinggi lebih cepat bosan sehingga mereka menghabiskan banyak waktu dalam pikiran.

Sementara, mereka yang senang bergerak bertujuan untuk merangsang pikiran dengan kegiatan eksternal, baik untuk menghilangkan pikiran atau karena cepat bosan.

Penelitian yang dipimpin oleh Todd McElroy tersebut memilih 30 orang pemikir dan 30 orang bukan pemikir. Selama tujuh hari, mereka diberi gelang yang bisa melacak tingkat gerakan dan aktivitas untuk mengetahui seberapa aktif mereka.

Para peneliti dari Florida Gulf Coast University tersebut memberikan tes klasik pada mereka, yaitu dengan berkencan. Terdapat beberapa pertanyaan seputar kebutuhan kognisi, seperti seberapa sering mereka setuju dengan pernyataan, 'Saya menikmati tugas yang memunculkan solusi baru untuk sebuah masalah' dan 'Saya hanya perlu berpikir sekeras mungkin.'

Hasilnya, kelompok pemikir lebih pasif secara fisik. Namun, pada akhir pekan, ternyata kedua kelompok tidak menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan atau kuat.

Para peneliti menyimpulkan, penemuan tersebut menunjukkan bahwa bukan pemikir cepat merasa bosan sehingga mengisi waktu dengan aktivitas fisik.

Namun, McElroy mengingatkan bahwa para pemikir yang malas bergerak akan memberi dampak yang buruk pada gaya hidup.

Ia menyarankan, pada mereka yang kurang aktif, tak peduli seberapa pintar mereka, tetap harus bergerak untuk meningkatkan kesehatan.

"Pada akhirnya, faktor penting untuk membuat seseorang lebih aktif bergerak adalah kesadaran. Kesadaran di mana mereka tahu memang kurang aktif, dan dampak dari hal itu sehingga mereka pun mau untuk lebih aktif sepanjang hari," demikian pendapat mereka.
Baca Berita Asal
Studi: Orang Pintar Lebih Jarang Beraktivitas Fisik
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Orang Pintar Lebih Jarang Beraktivitas Fisik"

Post a Comment

Powered by Blogger.