Search This Blog

Once akan Meriahkan Tomohon International Flower Festival 2016

Metrotvnews.com, Tomohon: Mari Jo ka Manado! Kalau sudah ke kota berjuluk Maldiven van Celebes ini, mampirlah ke Tomohon untuk menyaksikan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2016, yang juga akan dimeriahkan oleh penampilan penyanyi Elfonda Mekel atau Once.

TIFF merupakan pawai mobil berhias berbagai macam bunga, dan acara ini digadang-gadang untuk mengangkat pamor Tomohon di level internasional. Maka dari itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak para wisatawan untuk menyaksikan pagelaran itu.

"Kalau di Los Angeles, Amerika ada Parade Bunga Mawar Pasadena setiap 1 Januari? Yang mengangkat popularitas kawasan itu sejak 1890-an, di saat New York dan Pantai Timur dikepung salju. LA mempromosikan bunga warna-warni yang indah mekar seperti surga. Tomohon adalah Pasadena-nya Indonesia," sebut Arief Yahya.

Kebetulan wisman Tiongkok juga sedang banyak-banyaknya di Kota Manado, sehingga menjadi atraksi pariwisata yang kuat untuk go international. Apalagi jarak Manado-Tomohon itu tidak seberapa jauh, bisa ditempuh dalam satu jam perjalanan darat, dengan jarak 40 km. Kota Tomohon berada di ketinggian kira-kira 700-800 meter dari permukaan laut (dpl), diapit oleh 2 gunung berapi aktif, yaitu Gunung Lokon (1.689 m) dan Gunung Mahawu (1.311 m). Suhunya sejuk, waktu siang di bawah 30 derajat Celsius dan malamnya, 23-24 derajat Celsius.

Beberapa hari ini, ini, kota itu mulai semarak bau bunga. Bunga-bunga mulai menghias setiap sudut kota yang didaulat sebagai kota paling sejuk di dataran Minahasa ini. Gelaran akbar karnaval bunga itu sudah menginjak tahun ke-6, kali ini kembali akan diikuti oleh berbagai negara seperti Amerika Serikat, China, Hongkong, Selandia Baru, Rusia, Perancis, Thailand dan Philipina. 

"Kebayang, ada peserta dari Tiongkok, da nada wisman dari Tiongkok yang hadir," tukas Menpar. 

Selain karnaval bunga, Tournament of Flowers yang pesertanya dikompetisikan, TIFF 2016 akan lebih heboh dengan adanya beberapa acara pendukung, seperti festival kuliner, expo, pemilihan putra-putri bunga, lomba band, serta panggung musik yang menghadirkan artis ibukota. Salah satunya adalah Elfonda Mekel atau yang akrab dipanggil Once, si pelantun “Dealova” yang menjadi salah satu favorit Menpar Arief Yahya dan akan menjadi magnet panggung musik TIFF 2016.

Once yang juga sedang berada di Minahasa ini, akan tampil malam hari selepas acara karnaval bunga, pada 8 Agustus mendatang. Dirinya mengaku senang bisa ikut andil menghibur dengan suara emasnya pada TIFF 2016 ini.

"Tomohon ini kota yang menyenangkan buat saya, makanya gembira sekali bisa menjadi bagian dari TIFF tahun ini. Mari Jo Torang Beking Rame Tomohon," kata Once dengan logat Minahasa itu.

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Kemenpar Raseno Arya mengatakan bahwa Kemenpar menunjukkan komitmennya dengan mendukung penuh kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Tomohon ini.
 
"TIFF sudah menjadi agenda tahunan pariwisata yang tentunya akan mendatangkan banyak wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Kita berharap, dengan dukungan promosi dari Kemenpar kegiatan ini akan mendongkrak kunjungan wisata ke Tomohon," ujar Raseno.

Baca Berita Asal
Once akan Meriahkan Tomohon International Flower Festival 2016
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Once akan Meriahkan Tomohon International Flower Festival 2016"

Post a Comment

Powered by Blogger.