Search This Blog

Belajar Menggunakan Hati Melalui Meditasi

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada berbagai macam tujuan meditasi, salah satunya untuk belajar menggunakan hati.

Amrit Gurbani, praktisi sebuah lembaga meditasi The Golden Space Center (TGS) Indonesia mengungkapkan bahwa kini orang-orang mulai dikendalikan oleh pikiran yang mendominasi. Bahkan, emosi seseorang berdasarkan pikiran, bukan lagi berasal dari hati.

"Coba lihat itu orang-orang besar seperti Albert Einstein atau Mahatma Gandhi, mereka selalu mengatakan agar selalu mengikuti kata hati," terangnya dalam Grand Opening The Golden Space Center (TGS) Indonesia.

Ia menambahkan, hati diibaratkan sebagai kompas yang mengetahui adanya peluang atau kesempatan yang bisa diambil seseorang. Oleh karena itu, menggunakan hati adalah hal yang perlu diplajari karena dari situlah intuisi dan empati muncul. Untuk bisa menggunakan hati, meditasi adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk membuka kedua hal tersebut.

"Ketika stres, hati menjadi ikut terganggu sehingga hidup menjadi sungkan," ujarnya.

Meditasi juga merupakan suatu metode yang bisa melatih kesadaran akan ketenangan dan kasih, dimana kedua hal tersebut adalah hal yang penting untuk menjalani hidup.

Ketika meditasi membuat seseorang mengerti akan kedua hal teraebut, segala tindakan yang dilakukannya kelak bukanlah karena keharusan untuk merespons (reaksi), bamun karena kasih yang mengalir dari pikiran yang tenang.

Posisi Meditasi yang Tepat

Kebanyakan orang berpikir posisi meditasi hanya sekadar duduk bersila. Benarkah begitu?

"Posisi meditasi yang benar adalah yang membuat Anda nyaman sehingga tubuh tidak merasa sakit dan fokus tetap pada jiwa," ungkap Amrit.

Posisi bagian belakang atau punggung sebaiknya tegap karena pada dasarnya tulang punggung adalah sistem saraf pusat yang membagikan impuls ke seluruh tubuh sehingga posisi yang tegak dapat memperlancar peredaran tersebut.

Selain itu, posisi tangan bisa terbuka dan diletakkan pada lutut saat bersila. Hal ini dikarenakan dari masing-masing telapak tangan mengeluarkan energi positif dan negatif yang dapat membentuk suatu aura yang berada di sekitar tubuh.

Sementara, bila tangan disatukan dan ditaruh depan dada, hal serupa pun akan terjadi di mana aura akan berkumpul, bersirkulasi di sekitar tubuh dan terpancar sesuai perasaan hati pada saat itu.

Penggunaan musik selama meditasi juga memegang peran penting. Musik membuat seseorang terasa semakin rileks dan aliran darah pun semakin lancar sehingga energi positif terus mengalir.

 
Baca Berita Asal
Belajar Menggunakan Hati Melalui Meditasi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Belajar Menggunakan Hati Melalui Meditasi"

Post a Comment

Powered by Blogger.