Search This Blog

Kardio atau Angkat Beban Dahulu?

Metrotvnews.com, Jakarta: Latihan rutin yang sehat terdiri dari latihan angkat beban, kardio, dan hari istirahat. Idealnya itu semua dilakukan sepanjang minggu. Namun yang menjadi pertanyaan, mana yang harus didahulukan antara angkat beban dan kardio?

ini menjadi pertanyaan umum yang diajukan oleh sebagian besar orang khususnya bagi orang yang baru pertama kali datang ke tempat gym. Pelatih dan ahli gizi olahraga di DIAKADI Pusat akan menjelaskannya sebagaimana dilansir dari Popsuugar.com:



Menurunkan berat badan
"Jika menurunkan berat badan adalah tujuan Anda, latihan beban sebelum sesi kardio memiliki manfaat yang besar," ujar Natalie. Ia menjelaskan bahwa latihan angkat beban meningkatkan efek afterburn. 

Tingkat metabolisme istirahat Anda meningkat dan tubuh Anda bekerja untuk membantu memulihkan otot yang menghasilkan sebuah kalori untuk membakar lebih lama setelah latihan berakhir.

(Baca juga: Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Penyakit Jantung)

Diana Chaloux, CPT, dan pemilik situs pelatihan pribadi HitchFit online mengatakan saat memasuki sesi kardio setelah latihan angkat beban, tubuh akan menjadi lebih maksimal dalam membakar lemak. "Pada dasarnya pada saat Anda sampai ke sesi kardio, tubuh Anda akan prima untuk membakar lemak pada tingkat yang lebih tinggi daripada jika Anda melakukannya dengan cara lain," tuturnya.



Pencegahan cedera
Dibandingkan dengan kardio, latihan angkat beban jauh lebih mudah mendapatkan cedera. "Latihan angkat beban ketika lelah hanya meningkatkan risiko itu (cedera)," kata Natalie. 

Ini mungkin alasan besar ia menyarankan seseorang untuk latihan angkat beban dahulu sebelum masuk sesi kardio. "Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki energi untuk melakukan latihan dengan benar," ucapnya seraya mengatakan performa yang buruk dapat mengakibatkan cedera sehingga membuat Anda keluar dari jalur.

Sangat penting untuk dicatat bahwa bahkan jika Anda merasa berenergi dan tidak terpengaruh oleh sesi kardio, tubuh Anda masih menyimpan energi yang terkuras. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2dR3fuj; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Kardio atau Angkat Beban Dahulu?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kardio atau Angkat Beban Dahulu?"

Post a Comment

Powered by Blogger.