Search This Blog

Sering Terjaga Tengah Malam? Ini Penyebabnya

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah Anda tipikal orang yang mudah tertidur tetapi suka terbangun tiba-tiba di tengah malam?

Kebiasaan tersebut tentunya mengganggu karena tubuh masih dalam keadaan lelah dan penyebabnya bukanlah karena Anda haus atau ingin buang air kecil. Lalu mengapa Anda bisa tiba-tiba terjaga?

"Pada dasarnya, saat awal tidur, Anda masuk ke tahap terdalam dari tidur. Tidur dengan gelombang lambat tersebut bertahan hingga sepertiga jam tidur malam, sekitar 2-3 jam," terang ahli tidur Dr. Neil Stanley, menerangkan bahwa hal tersebut adalah ritme alami.

Kemudian, tidur akan semakin ringan. Fase ini disebut tidur REM yang berlangsung selama 90 menit. Jika Anda terbangun, artinya fase terbut telah selesai.

Namun, penyebab lain dari Anda mudah terbangun bisa juga berasal dari faktor eksternal seperti gerakan pasangan tidur atau cahaya yang tiba-tiba datang.

Dr. Stanley mengatakan bahwa salah satu cara agar bisa segera terlelap adalah menghindari cahaya dengan cara tidak langsung melihat ke arah gadget atau menyalakan lampu.

Bila Anda masih terjaga hingga 20 menit, lakukanlah kegiatan yang santai hingga kembali terlelap.

"Cobalah membaca buku. Jika lelah, Anda akan kembali tidur jika lelah," sarannya.
Baca Berita Asal
Sering Terjaga Tengah Malam? Ini Penyebabnya
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sering Terjaga Tengah Malam? Ini Penyebabnya"

Post a Comment

Powered by Blogger.