Search This Blog

5 Tanda Kanker Endometrium yang Harus Diketahui Setiap Wanita

Metrotvnews.com, Jakarta: Lapisan rahim wanita yaitu endometrium, merupakan tempat subur di mana kehamilan dapat ditanam. Namun, tak hanya janin yang dapat tumbuh di sana. Sel kanker juga bisa tumbuh di lapisan tersebut.

Kanker endometrium tidak memiliki skrining standar untuk mengetahui seorang wanita mengidap kanker ini. Papsmear yang dapat mendeteksi kanker serviks, tidak dapat digunakan untuk mencari kanker endometrium. 

Menurut Nita Karnik Lee, profesor kebidanan dan ginekologi di University of Chicagi Medicine, kebanyakan wanita yang melakukan papsmear mendapatkan hasil yang normal.

Ketahui faktor-faktor risiko kanker endometrium. Kanker ini paling umum terjadi pada wanita usia 45-74 tahun. Kelebihan berat badan, diabetes dan hormon estrogen berlebihan bisa jadi tanda kanker ini. 

Namun, selain hal-hal tersebut, masih ada beberapa gejala yang perlu diwaspadai kaum wanita.

(Baca juga: 7 Gejala Kanker yang Sering Diabaikan)



1. Pendarahan pada vagina
Ini adalah tanda umum kanker ada pada dinding uterus atau rahim Anda. Jika Anda pasca menopause dan tiba-tiba terjadi pendarahan, ketahui bahwa ini bukanlah haid dan tidak normal.

Pada wanita yang lebih muda, mengalami pendarahan saat haid yang banyak dan tidak normal, haid yang berlangsung lama atau pendarahan di antara waktu periode haid Anda, ini bisa jadi tanda kanker.

2. Keputihan
Normal jika wanita mengalami keputihan. Namun, jika keputihan berbeda dari biasanya baik dari warna dan cairannya, sebaiknya periksakan ke dokter. Bila Anda baru saja mengalami menopause kemudian keputihan, Anda harus tahu bahwa hal tersebut tidak normal.

3. Nyeri panggul
Memang, tidak semua orang dengan kanker endometrium mengalami nyeri panggul. Namun, jika rahim telah membesar karena kanker, Anda mungkin mengalami sakit atau kram. 

Terkadang, muncul seperti sebuah rasa yang dapat Anda rasakan di perut bagian bawah. Anda juga mungkin merasakan sakit saat berhubungan seks.

4. Kebiasaan buang air yang berubah
Kandung kemih dan usus dapat menjadi indikator yang baik dari masalah rahim, termasuk kanker.

Kanker mungkin dapat membuat Anda ke kamar mandi lebih sering, mengalami kesulitan buang air kecil atau nyeri saat buang air. Anda mungkin melihat darah pada kotoran atau sakit saat mengeluarkan tinja.

5. Penurunan berat badan
Jika Anda mengalami penurunan berat badan drastis dan tiba-tiba, ini bisa jadi pertanda tubuh Anda mengalami masalah dalam waktu yang lama. 

Kehilangan berat badan jarang terjadi kecuali kanker dalam kondisi yang sudah berkembang. Jika berat badan Anda terus menurun diikuti gejala ginekologi lainnya, segera periksa ke dokter.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2m0hPhI; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
5 Tanda Kanker Endometrium yang Harus Diketahui Setiap Wanita
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Tanda Kanker Endometrium yang Harus Diketahui Setiap Wanita"

Post a Comment

Powered by Blogger.