Search This Blog

Tentukan Tujuan dan Durasi Sebelum Berolahraga

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap orang memiliki alasan yang berbeda saat memutuskan untuk berolahraga.
Durasi dari setiap tujuan berolahraga itu pun tak sama.

Menurut dr. Grace Tumbelaka SpKO dari Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga, ada tiga jenis olahraga yang sering dilakukan untuk tujuan tertentu, yaitu olahraga kardio, olahraga kekuatan/beban, dan olahraga kelenturan.

Olahraga kardio sendiri dibagi menjadi tiga jenis dalam hal durasi yang dibedakan berdasarkan hasil akhir pada tubuh.

Pertama, olahraga selama 30 menit sebanyak tiga kali seminggu dilakukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kebugaran. Kemudian, olahraga selama 30 menit sebanyak lima kali seminggu dilakukan dengan tujuan mencegah dan mengendalikan penyakit dalam tubuh.

"Sementara olahraga selama 50 menit sebanyak lima kali seminggu bertujuan untuk menurunkan berat badan yang obesitas," terangnya dalam peluncuran Jumped Trampoline Fit Club Di Scientia Square Park,  Serpong, Tangerang.

Kedua, olahraga beban di mana olahraga ini tidak membutuhkan alat karena hanya gerakan plank seperti air up atau push up. Namun, gerakan-gerakan tersebut disarankan dilakukan 2-3 kali seminggu dengan 8-12 kali repetisi.

Terakhir, olahraga kelenturan yang sebaiknya dilakukan setiap hari dengan gerakan-gerakan ringan yang bertujuan menarik otot yang kaku. Gerakan-gerakan tersebut juga dianjurkan dilakukan sebelum dan sesudah olahraga inti.

"Biasanya gerakan ini dilakukan setelah terlalu lama duduk tegak (kerja) sehingga jadi kaku," pungkasnya.

 
Baca Berita Asal
Tentukan Tujuan dan Durasi Sebelum Berolahraga
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tentukan Tujuan dan Durasi Sebelum Berolahraga"

Post a Comment

Powered by Blogger.