Search This Blog

Ini Penyebab Lagu Terus Terngiang di Kepala

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap orang pasti pernah mengalami masa dimana sebuah lagu terus berputar di kepala tanpa henti. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? 

Menurut sebuah penelitian oleh Durham University, beberapa lagu terus ingin kita dengarkan karena konten melodi yang terdapat di dalamnya. 

"Musik tersebut memiliki tempo yang cukup cepat dengan bentuk melodi umum dan interval atau pengulangan yang tak biasa, misalnya refrain pada lagu Bad Romance milik Lady Gaga," ujar Dr. Kelly Jakubowski, pemimpin studi dari Departemen Musik di Durham University dalam sebuah penyataan.

Sekitar 90 persen orang mengalami hal tersebut setidaknya seminggu sekali, bahkan lebih. Menurut Jakubowski, hal itu normal terjadi berkali-kali ketika otak tidak melakukan banyak hal, seperti saat mandi atau berjalan. 

Studi yang dipublikasikan dalam tersebut juga mengidentifikasikan tiga karakter berbeda yang membuat lagu terus nyangkut di kepala: kecepatan, bentuk melodi, dan beberapa interval yang unik. 

Dalam konsep kecepatan, lagu tersebut biasanya memiliki tempo yang lebih cepat dan up beat. Misalnya lagu yang diputar untuk menemani olahraga membuat atlet tenggelam dalam kegiatan yang dilakukan. Lagu jenis ini biasanya dimulai dengan lagi pemanasan dan inti olahraga yang meningkatkan intensitas dan menjadi lambat saat pendinginan. Lagu-lagu tersebut cenderung membuat terngiang karena perubahan ritme lagu.

(Baca juga: Para Ahli Mengklaim, Membersihkan Telinga dapat Merusak Pendengaran)

Kontur melodi juga menentukan apakah lagu tersebut akan terus menempel di pikiran. Bisanya, lagu-lagu dengan struktur sederhana namun beberapa pola ritmis membuat lagu gampang diingat. Misalnya, lagu Twinkle Twinkle Little Star yang memiliki  ritme naik turun namun mudah diingat. 

Jakubowski menambahkan, keberhasilan lagu dalam tangga lagu juga memengaruhi. Hal tersebut terlihat dari survei yang dilakukan pada 3.000 orang terkait lagu yang terus terngiang di kapala. Mereka membandingkan musik yang tak pernah disebutkan namun masuk sebagai lagu populer dan masuk ke dalam tangga lagu. Hasilnya, lagu-lagu hits tersebut memang menempel di kepala. 

"Sekarang kita tahu, selain karena popularitas lagu, ada beberapa bagian melodi yang membuat lagu menempel di otak," tukasnya.

Lalu bagaimana cara menghilangkan kecanduan pada lagu tersebut?

Sebuah penelitian tahun 2015 dalam Quarterly Journal of Experimental Psychology mengklaim bahwa mengunyah permen karet adalah solusi yang termudah. Berdasarkan beberapa penelitian. Partisipan yang diberikan permen karet merasa lagu tidak terngiang terlalu sering. Para peneliti berhipotesa, suara vokal yang keluar karena ikut bernyanyi membaut bayangan tentang musik terganggu. 




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2hYCnrW; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Ini Penyebab Lagu Terus Terngiang di Kepala
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Penyebab Lagu Terus Terngiang di Kepala"

Post a Comment

Powered by Blogger.