Search This Blog

Hindari Jus Jeruk Saat Batuk

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat sakit, Anda mungkin akan mengalami penurunan nafsu makan. Namun, untuk dapat terus berenergi, makan sangat penting untuk Anda yang sedang sakit.

Sayangnya, ada beberapa makanan yang justru bisa membuat penyakit seperti flu dan sakit perut lebih parah. Ini adalah beberapa makanan yang harus Anda hindari saat sakit.



1. Kopi
Saat mengalami sakit perut Anda harus menghindari kopi. Pasalnya, kopi memiliki sifat diuretik yang bisa membuat Anda sering buang air kecil dan dehidrasi. Tubuh yang memiliki cairan cukup dapat membantu sistem imun bekerja lebih efektif untuk melawan virus atau infeksi lain.

Kopi dapat memperparah diare dan muntah, karena dua penyakit ini dapat membuat Anda kehilangan cairan. Kafein juga dapat menstimulasi otot dalam pencernaan yang membuat diare Anda lebih buruk.



2. Jus jeruk
Jeruk memang kaya vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh. Namun, saat batuk atau radang tenggorokan, hindari minuman ini. Asam sitrat pada jeruk dapat mengiritasi lapisan tenggoran Anda yang sudah meradang. Artinya, ini akan membuat sakit tenggorokan Anda semakin parah.

(Baca juga: Jus Bit Efektif Mengobati Encok)



3.  Makanan manis
Gula dapat menekan kemampuan sel darah putih Anda untuk melawan bakteri. Selama beberapa jam setelah makan kue, permen atau makanan manis lainnya, sistem kekebalan tubuh akan lemah. Akibatnya, itu kurang efisien melawan kuman yang membuat Anda sakit. 

Gula cenderung menarik cairan dari saluran pencernaan yang dapat menyebabkan buang air besar encer dan diare.



4. Soda
Hindari soda saat sakit perut karena seperti kopi, soda berkafein dapat membuat dehidrasi yang juga menekan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga mengacaukan sistem pencernaan. Selain air putih, Anda bisa memberikan tubuh dengan cairan berupa air kelapa atau minuman rehidrasi elektrolit.

Banyak pemanis buatan yang merupakan molekul besar yang tidak bisa dipecah dan dicerna dengan baik sehingga menyebabkan kembung, kram dan diare.



5. Makanan ringan renyah
Tekstur kasar dari makanan ringan yang renyah dapat memperburuk tenggorokan karena ini dapat mengiritasi tenggorakan Anda. Selain itu, makanan yang renyah dapat memperpanjang sakit sehingga tak kunjung sembuh.



6. Susu
Hindari minum susu saat hidung tersumbat dan sulit buang air besar. Ini karena susu dapat menghasilkan banyak lendir atau dahak. Namun, ada beberapa ahli berpendapat bahwa tidak ada bukti kuat bahwa susu menghasilkan lendir.



7. Makanan digoreng atau berlemak
Ketika sakit perut, makanan berlemak dapat memakan waktu lebih lama untuk bergerak melalui sistem pencernaan sehingga dapat membuat mual parah dan memicu refluks asam. Makanan tersebut juga dapat memicu kejang otot di saluran usus sehingga membuat diare lebih buruk.



8. Makanan pedas
Hindari makanan ini saat pilek dan hidung meler. Cabai atau makanan pedas mengandung capsaicin, senyawa yang dapat mengiritasi saluran hidung dan membuat meler. Di sisi lain, ketika hidung tersumbat, makanan pedas mungkin dapat memecah lendir.





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2hXnHWM; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Hindari Jus Jeruk Saat Batuk
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hindari Jus Jeruk Saat Batuk"

Post a Comment

Powered by Blogger.