Search This Blog

CDC: Musim Flu Tahun Ini Lebih Parah dari Sebelumnya

Metrotvnews.com, New York: Centers for Disease Control (CDC) and Prevention mengatakan, tahun ini Anda sebaiknya mendapatkan vaksinasi flu. Menurut CDC, jumlah penderita flu semakin meningkat terutama pada bulan November dan Desember tahun lalu.

Tidak hanya itu, musim flu ini tampaknya didominasi oleh influenza A (H3N2), bentuk yang lebih serius dari flu biasa. Menurut spesialis penyakit menular Amesh A. Adalja, ketika musim flu didominasi oleh H3N2, ini akan cenderung lebih parah.

Orang dengan flu paling sering mengalami demam, batuk, sakit tenggorokan, pilek, menggigil, kelelahan dan nyeri pada tubuh. Beberapa di antaranya juga mengalami diare dan muntah-muntah. 



Musim flu biasanya terjadi setelah puncak liburan. Sementara virus flu musiman dapat dideteksi sepanjang tahun, CDC mengatakan kasus ini lebih sering terlihat pada bulan Oktober hingga Mei.

Menurut Dokter Penyakit Dalam di Baltimore Mercy Medical Center, vaksin flu membantu mengurangi terserang virus flu. Setidaknya, Anda mendapatkan satu kali suntikan vaksin flu agar tidak terlalu sering mengalami flu. 

Wanita yang sedang hamil juga disarankan untuk mendapatkan suntikan vaksin flu. Karena, ketika hamil, sistem kekebalan tubuh Anda sudah melemah karena membawa janin dalam kandungan. 

"Sistem imun tubuh Anda sedikit berkurang, hasilnya Anda akan lebih sering sakit, lebih lama sakit dan bisa jadi lebih parah. Itu sebabnya, vaksinasi flu direkomendasikan untuk semua wanita hamil." kata Yvonne Bohn, dokter kandungan di Providence Saint John’s Health Center Santa Monica, California.

Sementara vaksin flu masih jadi cara paling efektif melindungi diri dari flu, ada juga cara untuk mengurangi terserang flu yakni dengan rutin mencuci tangan. 

(Baca juga: Lada Hitam dan Jamur Ampuh Mengobati Flu)

Mencuci tangan dapat meminimalkan risiko kontak dengan virus flu ke dalam tubuh. Hindari juga menyentuh hidung, mulut dan mata sesering mungkin. Anda juga sebaiknya menghindari kerumunan orang apalagi yang banyak mengalami flu. Meski sedikit kemungkinan Anda akan terhindar sepenuhnya dari flu.

Flu merupakan virus yang mudah sekali menyebar dan menular. Beberapa orang flu tidak memiliki gejala sama sekali, tapi orang-orang tersebut masih tertular. 



Jika Anda terkena flu atau gejalanya, sebaiknya tinggal di rumah selama beberapa hari untuk membatasi paparan dengan orang lain. Bila perlu, periksa ke dokter dan minum obat antivirus yang dapat bekerja efektif pada hari-hari pertama Anda terkena flu. 

Menurut Adalja, penting untuk diingat bahwa flu adalah sesuatu yang terjadi sepanjang tahun. Ini salah satu penyakit menular yang paling produktif dan tetap menjadi ancaman setiap tahunnya. Sehingga, penting untuk mendapatkan vaksinasi flu untuk melindungi Anda selama musim flu dan tertular dari penyakitnya.




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2iNlHkX; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
CDC: Musim Flu Tahun Ini Lebih Parah dari Sebelumnya
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "CDC: Musim Flu Tahun Ini Lebih Parah dari Sebelumnya"

Post a Comment

Powered by Blogger.