Search This Blog

Tips Percantik Rumah Anda dengan Lampu Hias

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemilihan lampu dan pencahayaan, ibarat memilih perhiasan bagi seorang wanita, dapat menunjang atau malah merusak penampilan. 

Interior Designer Consultant, Budiyanto di Jakarta, Kamis (1/12) mengatakan, dalam menentukan lampu hias yang tepat untuk tiap ruangan, perkara bentuk, warna, dan gaya yang sesuai harus diperhitungkan. Simak ulasan dari Budiyanto dari laman dekoruma berikut ini.

1. Chandelier

Chandelier adalah pilihan lampu hias yang tepat untuk menjadi pusat perhatian sebuah ruangan. Baik yang berbentuk tempat lilin sederhana, ataupun dengan juntaian kristal yang berkilauan.  

Chandelier selalu sukses mencuri perhatian tamu yang datang. “Ketika memilih chandelier, pilih yang modelnya senada dengan gaya ruangan,” ucap Budi.

2. Lampu Gantung

Menurut Budi, lampu gantung biasanya berupa lampu hias yang digantung dengan ketinggian mendekati posisi mata dengan kabel atau kawat. Lampu gantung jenis ini cocok digantung sendiri-sendiri untuk ruangan yang membutuhkan pencahayaan langsung seperti pada meja dapur.

 “Ketika digantung berkelompok, lampu gantung memberikan efek yang hampir sama dengan chandelier. Untuk jarak pemasangan yang ideal untuk lampu tipe ini adalah 30 cm dari kepala,” papar Budi.

(Baca juga: Tips Melemaskan Leher yang Tegang)

3. Lampu Hias di Langit-Langit

Jika kamu menginginkan efek dekorasi yang sederhana dan tidak berlebihan, Anda bisa memilih lampu hias yang diletakkan di langit-langit ruangan. Pemilihan lampu jenis ini biasanya digunakan untuk lorong-lorong rumah, ruang keluarga, dan dapur.

4. Lampu Dinding

Lampu hias yang diletakkan di dinding berfungsi untuk memudahkan melakukan pekerjaan tertentu, atau sebagai penambah efek pada sebuah karya seni.  Bagian ruangan yang memerlukan lampu dinding ini misalnya pada cermin di toilet atau dapur. 

Sebagai pengganti sumber cahaya pada lorong, lampu corong yang ditempelkan di dinding juga pilihan yang lebih artistik daripada lampu di langit-langit. 

Anda bisa memilih berbagai pilihan lampu hias yang sesuai dengan nuansa dinding ruangan, sehingga tidak hanya bersifat fungsional, tapi juga dekoratif.

5. Lampu Meja dan Lantai

Ada berbagai macam bentuk, warna, dan ukuran yang ditawarkan lampu hias yang bisa diletakkan di meja atau lantai. Baik di meja atau lantai, lampu tipe ini menjadi aksesoris penting dalam mendekorasi suatu ruangan. 

Karena pilihan bentuknya yang beragam, Anda bisa mengembangkan kreatifitas dalam memilih lampu hias yang sesuai dengan tema ruangan. 

Mengombinasikan beberapa lampu meja dan lantai dalam bentuk dan ukuran berbeda juga akan menghasilkan daya tarik tersendiri untuk ruangan. 


Perhatikan Bahan Dasar
Budi menambahkan, hal lain yang harus dipertimbangkan saat memilih lampu hias selain tipenya yang bervariasi, adalah  bahan dasarnya. Ada banyak jenis bahan lampu hias, seperti kaca, stainless steel, plastik, kristal, rotan, bambu, dan besi. 

Untuk gaya minimalis, lampu hias berbahan besi adalah pilihan yang pas. ”Untuk ruangan bersuasana etnis dan hangat, Anda bisa memilih lampu hias berbahan alami, seperti rotan atau bamboo,” ujarnya. 

Untuk ruangan-ruangan seperti kamar tidur dan ruang santai, Anda bisa menambahkan kontrol peredup lampu. Kontrol ini berfungsi untuk menghasilkan cahaya lampu yang lebih temaram, sehingga cocok untuk mata yang ingin beristirahat. Cahaya yang lebih redup juga bisa mendukung suasana ruangan yang romantis. 

Pemilihan lampu hias yang sekaligus berfungsi sebagai tungku aromaterapi juga bisa menjadi opsi untuk menghadirkan atmosfer yang hangat dan rileks.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2fXEqgC; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe> 
Baca Berita Asal
Tips Percantik Rumah Anda dengan Lampu Hias
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Percantik Rumah Anda dengan Lampu Hias"

Post a Comment

Powered by Blogger.