Search This Blog

Terlambat Makan Siang Hambat Penurunan Berat Badan

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang menunda jam makan siang dengan maksud agar kalori banyak terbakar. Padahal, cara tersebut justru menghambat penurunan berat badan.

Hal tersebut adalah kesimpulan dari studi terbaru yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition. Studi ini melakukan penelitian terhadap efektivitas program penurunan berat badan dan obesitas terhadap 1200 orang di Spanyol yang sering makan siang terlambat atau sekitar pukul 15.00.

Pengaruhnya, ialah terhadap protein

Studi melihat secara khusus pada protein perilipin yang ditemukan dalam sel-sel manusia, yang memiliki peran penting untuk pembakaran lemak.

Apakah protein tersebut yang menyabotase penurunan berat badan?

Sama seperti rasa mengantuk yang diatur oleh ritme sirkadian, begitu pun dengan rasa lapar.
Asisten profesor Columbia University Marie Pierre St-Onge mengatakan, metabolisme setiap orang berbeda, dan waktu konsumsi makanan yang berhubungan dengan ritme sirkadian dapat memengaruhi penurunan berat badan.

Ritme sirkadian juga mengontrol sekresi insulin dalam tubuh. Jika Anda makan saat tubuh kurang sensitif terhadap insulin, Anda mungkin memiliki waktu yang sulit untuk menggerakkan lemak dan menurunkan berat badan.

Meskipun waktu makan siang memengaruhi berat badan beberapa orang, tapi peneliti tidak menemukan perbedaan apapun dalam penurunan berat badan pada waktu makan pagi dan malam.

Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang-orang yang menggunakan makan siang sebagai makanan utama dapat lebih banyak menurunkan berat badan.


Di Amerika, Marie mengatakan bahwa sarapan juga dapat berkontribusi untuk berat badan. Jika melihat rincian dari asupan sarapan orang Amerika, ada sedikit kalori yang dikonsumsi untuk sarapan dan makan siang. Jika Anda menggabungkan sarapan dan makan siang, ini berarti sekitar 40 persen kalori dan makan malam serta camilan sebesar 60 persen.
Pada intinya, jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya menjadikan makan siang sebagai makanan utama dan hindari makan siang lebih dari pukul 3 sore.
Baca Berita Asal
Terlambat Makan Siang Hambat Penurunan Berat Badan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terlambat Makan Siang Hambat Penurunan Berat Badan"

Post a Comment

Powered by Blogger.