Search This Blog

Makan Terlalu Cepat Sebabkan Sendawa

Metrotvnews.com, Jakarta: Bersendawa bisa jadi hal yang memalukan. Sendawa atau dalam istilah medis disebut eruktasi, biasanya tidak serius. Menurut dokter ahli pencernaan Arizona Digestive Health Paul Berggreen, gas usus di sisi lain dapat berhubungan dengan beberapa makanan intoleransi.

Ini artinya, jika Anda memiliki banyak gas yang keluar di tempat lain atau kondisi yang mengganggu penyerapan karbohidrat seperti penyakit celiac.

Meski biasanya tidak serius, tapi sering bersendawa dapat menunjukkan beberapa masalah tentang kesehatan dan kebiasaan makanan Anda.

1. Anda makan terlalu cepat
Jika Anda cenderung terburu-buru makan atau menenggak kopi di pagi hari, Anda mungkin akan lebih sering bersendawa dibanding biasanya. Penyebab paling umum sendawa adalah menelan udara. Sebaiknya, perlambat cara makan Anda karena selain bisa menghindari sendawa, ini juga bisa menurunkan risiko obesitas.

2. Sinus Anda kambuh
Ketika Anda merasa seperti hidung tersumbat, Anda cenderung untuk bernapas melalui mulut. Menelan udara akan lebih sering terjadi ketika orang mengalami masalah dengan sinus mereka. Jika musim alergi tiba, hati-hati dengan cara makan Anda.

(Baca juga: Makanan Penyebab Bayi Bergas)

3. Batasi minum soda
Minuman berkarbonasi pada dasarnya mengalirkan udara langsung ke perut dan sendawa berasal dari perut, bukan kerongkongan dan cenderung memiliki bau yang lebih kuat karena makan sebagian makanan sudah dicerna.

4. Asam lambung
Jika bersendawa disertai dengan rasa mual atau mulas serta rasa seperti muntah sedikit di mulut, Anda mungkin mengalami kenaikan asam lambung. 

Terkadang, orang-orang merasakan makanan atau cairan naik dari dada atau tenggorokan. Ini merupakan gejala naiknya asam lambung yang bisa dicegah dengan cara ini:

- Hindari berbaring selama tiga jam setelah makan

- Tidur dengan perut kosong

- Makan dengan porsi kecil

- Hindari jeruk, kafein atau makanan pedas juga asam.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2gXBz6S; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Makan Terlalu Cepat Sebabkan Sendawa
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Makan Terlalu Cepat Sebabkan Sendawa"

Post a Comment

Powered by Blogger.