Search This Blog

Benarkan Mandi Hujan Sebabkan Anak Sakit?

Metrotvnews.com, Jakarta: Di zaman Anda dulu, mandi hujan merupakan sebuah aktivitas yang mengasyikkan. Namun, seiring waktu, sudah banyak juga orangtua yang takut jika anaknya main hujan akan sakit. Bertolak belakang akan hal ini, masih banyak juga anak yang tetap sehat selesai mandi hujan. Benarkan mandi hujan bisa sebabkan anak sakit?

Apa yang terjadi saat anak Anda kehujanan?
Dr. Dono Baswardono, Psych, Graph, AISEC, MA, Ph.D, yang merupakan seorang psychoanalyst, graphologist, sexologist, serta marriage & family therapist menjelaskan bahwa anak-anak pasti kedinginan karena tubuhnya basah kuyup oleh air hujan.

Saat kedinginan, tubuh dipaksa mengeluarkan energi secara berlebihan. Jika daya tahan tubuh anak sedang lemah, tubuh tidak dapat mengimbangi adanya perubahan suhu tubuh yang terlalu drastis. Akibatnya, daya tahan tubuh semakin menurun dan kesehatannya pun terganggu. Penyakit yang muncul dapat bermacam-macam, seperti influenza, batuk dan flu, demam, diare, atau gatal-gatal. 

Umumnya, penyakit yang lebih mudah timbul adalah penyakit yang sedang marak atau sedang musim pada waktu anak kehujanan. Tetapi, sakit yang diderita anak umumnya tidak terlalu parah. Bahkan dapat sembuh tanpa pengobatan atau hanya dengan semangkuk sup panas dan baluran minyak kayu putih ke sekujur tubuhnya. 

(Baca juga: Sentuhan Ibu Bantu Bangun Rasa Percaya Diri Anak)

Mandi hujan boleh asalkan daya tahan tubuh anak baik
Jadi, sebenarnya kehujanan tidak akan menimbulkan masalah kesehatan pada anak bila daya tahan tubuh mereka cukup baik. "Oleh karena itu, sebaiknya orangtua tidak terlalu protektif. Biarkan sesekali anak berhujan-hujanan. Hal ini baik agar tubuh anak membangun daya tahan terhadap hujan dan suhu dingin," ucap Dr. Dono.

Waspada pada si kecil yang memiliki asma dan alergi 
Walaupun begitu, Anda perlu berhati-hati pada anak penderita asma dan anak yang alergi. Kehujanan bisa memicu kambuhnya asma dan serangan alergi, berupa gatal-gatal, batuk, atau bersin-bersin. Begitu pula pada anak-anak yang mengidap penyakit kronis. Kehujanan bisa menurunkan daya tahan tubuhnya dan penyakitnya bisa jauh lebih parah. 

Salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan anak selama musim penghujan adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Dengan menghirup minyak esensial kayu putih yang telah diteteskan ke air panas dapat melegakan saluran pernafasan. Minyak esensial kayu putih mengandung antibiotik yang sangat kuat, demikian juga antiviral dan antijamur. 


<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2dXlHk9; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Benarkan Mandi Hujan Sebabkan Anak Sakit?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Benarkan Mandi Hujan Sebabkan Anak Sakit?"

Post a Comment

Powered by Blogger.