Search This Blog

Mengapa Orang Takut Operasi Lutut?

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebanyak 15 persen dari nyeri di seluruh tubuh berasal dari lutut. Bila rasa nyeri tersebut sudah tingkat parah (kronik), penderita bisa merasa tak nyaman dalam menjalani aktivitas keseharian.

Salah satu bentuk pengobatan yang cukup sering dilakukan adalah dengan operasi yang dikenal dengan nama Total Knee Replacement (TKR), yaitu pemasangan implan pada sendi lutut yang sudah aus akibat nyeri sendi (osteoarthritis). 

(Baca juga: Mengenal Vitiligo, Kelainan Kulit yang Menyerang Model Winnie Harlow)

Nyeri tersebut terjadi karena tulang rawan (cartilage) pada tulang paha dan tulang betis terkikis terus sehingga menipis dan berujung pada pergesekan kedua tulang.

Namun, tak semua mau menjalani TKR meskipun telah merasakan nyeri luar biasa dan tak nyaman dalam berjalan. Mengapa demikian?

"Biasanya mereka takut terjadi sesuatu saat operasi. Penderita kebanyakan adalah orangtua, yang berusia di atas 50 tahun dimana kemungkinan sudah ada penyakit lain yang diderita seperti hipertensi, diabetes, dan masalah jantung," ujar pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS dalam diskusi media Genicular Nerve Block and Ablation, Jumat (21/10/2010).

Selain itu, masalah keuangan juga menjadi salah satu momok penderita nyeri lutut dimana biaya yang dikeluarkan untuk tindakan invasif tersebut mencapai Rp 100 juta lebih.

Masalah psikis pun menjadi salah satu beban bagi para penderita osteoarthritis dimana mereka takut terjadi hal membahayakan mengingat usia yang sudah semakin senja sehingga metabolisme tubuh juga menurun. 




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2dulrns; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Mengapa Orang Takut Operasi Lutut?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengapa Orang Takut Operasi Lutut?"

Post a Comment

Powered by Blogger.