Search This Blog

Bahaya Sering Menahan Buang Air Besar

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda mungkin sering menahan buang air besar karena berbagai alasan. Misalnya, terkena macet di jalan, saat rapat di kantor, atau tengah berada di acara penting. 

Tak jarang, sebagian besar dari Anda memilih menahan buang air besar karena tidak nyaman untuk membuang kotoran di tempat kerja atau di luar rumah. Apakah menahan buang air besar berbahaya bagi kesehatan?

(Baca juga: Mengapa Kopi Bisa Memicu Buang Air Besar?)

Keri Peterson, dokter penyakit dalam di Lenox Hill Hospital New York mengatakan, menahan buang air besar dapat memberi dampak buruk pada kesehatan Anda. Tetapi, itu hanya jika Anda hanya merasakan ingin buang air besar dan dapat menahannya.

Menahan buang air besar terlalu sering dapat menyebabkan sembelit. Semakin lama tinja berada di usus besar Anda, semakin sulit keluar, dimana Anda akan merasakan ketidaknyamanan di perut dan bahkan pendarahan di dubur ketika Anda memaksanya keluar.

Seiring waktu, kondisi tersebut bisa memicu wasir atau retak di jaringan dubur Anda. Apabila ini terjadi, Anda akan memerlukan krim atau operasi untuk mengobatinya.

Salah satu cara yang dapat memancing buang air besar di pagi hari sebelum beraktivitas adalah dengan melakukan olahraga. Selain itu, usahakan untuk makan malam yang kaya serat sehingga di pagi hari usus Anda bisa mengeluarkan kotoran segera setelah bangun tidur atau minum air putih.

Dengan demikian, Anda bisa mengurangi kebiasaan menahan buang air besar seharian dan menghindari penyakit wasir dan lainnya.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2epQzpR; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Bahaya Sering Menahan Buang Air Besar
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bahaya Sering Menahan Buang Air Besar"

Post a Comment

Powered by Blogger.