Search This Blog

Amankah Konsumsi Suplemen Tulang?

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang takut terkena osteoporosis atau penyakit keropos tulang dan mencoba menyiasatinya dengan mengonsumsi suplemen tulang.

Namun, amankah solusi instan tersebut?

"Pada fase usia tertentu, kalsium yang sudah dideposit ke tulang akan diserap tubuh sehingga tulang membutuhkan asupan kalsium lain," jelas dr. Karina E. M. Besinga, SpOT (K) selaku dokter bedah ortopedi di Hip, Knee, and Geriatric Trauma Orthopaedic Center di Siloam Hospital Kebon Jeruk, Kamis (20/10/2016).

Oleh karena itu, konsumsi suplemen tulang cukup penting. Namun, dr. Karina menambahkan, ada hal yang perlu diperhatikan terkait pemilihan jenis suplemen.

(Baca juga: Cukupi Kebutuhan Vitamin D dengan Berjemur)

"Biasanya, suplemen yang harganya murah banyak mengandung sintesis atau bahan kimia. Sementara harga yang mahal lebih didominasi bahan alami. Padahal semakin banyak bahan sintesis yang umumnya tak dikenal tubuh membuat suplemen sulit diabsorpsi tubuh dan dapat memberi dampak bahaya pada tubuh," terangnya.

Selain itu, dr. Karina juga tak menyarankan anak-anak mengkonsumsi suplemen tulang karena makanan sehari-hari pun sudah memberikan banyak kandungan kalsium yang cukup bagi tubuh, seperti kurma, brokoli, pepaya, jeruk, dan pisang.

"Perlu diingat bahwa kalsium tak hanya terdapat pada susu saja," tegasnya.

Selain makanan, salah satu hal yang juga berperan penting dalam proses pengolahan kalsium dalam tubuh adalah vitamin D3 yang bisa diperoleh melalui paparan sinar matahari. 

Oleh karena itu, berjemur di waktu tertentu sebaiknya dilakukan untuk memperkuat kepadatan tulang. "Di bawah pukul 10 pagi dan di atas pukul 4 sore adalah waktu yang bagus karena radiasi matahari ke kulit berada di jarak yang pas," sarannya. 




<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2eNhLU2; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Amankah Konsumsi Suplemen Tulang?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Amankah Konsumsi Suplemen Tulang?"

Post a Comment

Powered by Blogger.