Search This Blog

Usia Orangtua Bisa Pengaruhi Kondisi Kesehatan Anak

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi dari Institut Kesehatan Masyarakat India mengungkapkan bahwa mereka yang memiliki orangtua berusia panjang cenderung memiliki kondisi jantung yang lebih baik, kesempatan terkena kanker lebih sedikit, dan hidup lebih lama.

Tim tersebut menemukan bahwa orang-orang tersebut memiliki kemungkinan lebih rendah untuk terkena berbagai kondisi peredaran darah seperti penyakit jantung, gagal jantung, stroke, tekanan darah tinggi, tingkat kolesterol tinggi, dan fibrilasi atrium.

Para peneliti menggunakan data kesehatan dari keturunan 186 ribu orang paruh baya berusia 55-73 tahun selama delapan tahun dan menemukan bahwa kesempatan bertahan tiap individu tersebut meningkat 17 persen setiap dekade pada mereka yang memiliki orangtua berusia lebih dari 70 tahun.

Meskipun beberapa faktor seperti merokok, konsumsi alkohol tinggi, sedikit aktivitas fisik, dan obesitas memegang peran penting, usia orangtua juga ternyata berpengaruh dalam hal tersebut.

"Menanyakan tentang usia orangtua yang panjang membantu memprediksi kemungkinan hidup dengan baik dan perkembangan kondisi kesehatan, seperti penyakit jantung, untuk mengidentifikasi risiko yang lebih tinggi atau rendah dan bagaimana pengobatan yang baik," ujar Janice Atkins, peneliti dari University of Exeter Medical School.

Penelitian tersebut dibangun berdasarkan penemuan sebelumnya yang menyatakan bahwa gen memiliki hubungan antara usia orangtua seseorang dan risiko penyakit jantung baginya.

"Hasil ini akan membantu mengidentifikasi pnjelasan tentang variasi gen yang membuat kesehatan seseorang lebih baik karena memiliki orangtua berusia panjang. Yang menonjol di sini adalah faktor genetik berhubungan dengan tekanan darah, tingkat kolesterol, dan merokok. Hal-hal ini penting untuk mengetahui risiko yang bisa dihindari dan diobati tersebut," ujar Luke Pilling, peneliti dari University of Exeter Medical School.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of the American College of Cardiology tersebut menyatakan bahwa menghindari faktor-faktor seperti merokok adalah penting dan ada beberapa faktor keturunan yang perlu dimengerti agar bisa lebih lama hidup.

 
Baca Berita Asal
Usia Orangtua Bisa Pengaruhi Kondisi Kesehatan Anak
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Usia Orangtua Bisa Pengaruhi Kondisi Kesehatan Anak"

Post a Comment

Powered by Blogger.