Search This Blog

Target WHO Kurangi Kematian Akibat Diabetes

Metrotvnews.com, Jakarta: Diabetes merupakan penyakit yang kronis namun penyakit progresif yang tidak menular (progressive noncommunicable disease). Ini terjadi karena pankreas yang tidak mampu memproduksi hormon insulin yang cukup, atau ketika tubuh tidak mampu memanfaatkan insulin yang sudah diproduksi.

Orang yang menderita diabetes semakin banyak setiap tahunnya, terutama di negara-negara berkembang. Untuk mencegah bertambahnya terus penderita diabetes, WHO serukan aksi global untuk bisa mengatasi hal ini.

"Banyak kasus dari diabetes sebenarnya bisa dicegah. Penyakit ini bisa dideteksi dan kemudian mengatur pola hidup sehat dan menambah kemungkinan hidup lebih panjang," jelas Oleg Chestnov, Asisten Direktur Jendral untuk penyakit NCD dan Mental dalam laman resmi WHO.

"Namun perubahan ini juga tergantung seberapa besar upaya dari pemerintah peduli terhadap diabetes," lanjutnya.

Salah satu SDG (Sustainable Development Goals) dari WHO adalah bisa mengurangi 30 persen kematian akibat diabetes pada tahun 2030. Pemerintah  juga diharapkan bisa mencapai target dari WHO Global Action Plan for the Prevention and Control of NCDs, yang salah satunya adalah meningkatkan kewaspadaan terhadap diabetes dan obesitas.

Bagi sebagian negara, akses terhadap insulin yang merupakan salah satu obat untuk diabetes masih sulit didapatkan, terutama di negara miskin. Karena itu, pemerintah juga diharapkan dapat mendukung lingkungan hidup yang sehat bagi masyarakat.

“Bahkan di kawasan paling tertinggal dan paling miskin pun pemerintah harus bisa memastikan bahwa masyarakat bisa melakukan pola hidup sehat seperti ini. Sistem yang sehat tersebut juga dapat membantu mendiagnosa dan menyembuhkan orang yang terkena diabetes,” ujar Margaret Chan, Direktur Jendral WHO.
Baca Berita Asal
Target WHO Kurangi Kematian Akibat Diabetes
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Target WHO Kurangi Kematian Akibat Diabetes"

Post a Comment

Powered by Blogger.