Search This Blog

Penyebab dan Ciri-Ciri Alergi Kolagen

Metrotvnews.com, Jakarta: Kolagen adalah salah satu jenis protein yang dibutuhkan tubuh karena berfungsi sebagai penyusun bagian tubuh. Namun, terkadang ada orang alergi kolagen.

"Bukan kolagen penyebab alerginya, tapi tubuh yang sensitif sumber kolagen penyebabnya," jelas dr. Ariana Suryadewi M.Biomed, konsultan anti-aging di Jakarta, belum lama ini.

Kolagen sendiri diperoleh dengan dua cara. Pertama, dari dalam tubuh yang menghasilkan kolagen. Kedua, sumber makanan yang mengandung unsur kolagen di dalamnya seperti ikan (tuna atau salmon) atau daging.

Ciri dari alergi kolagen adalah ruam kulit, mual hingga muntah, sulit bernapas, tekanan darah turun, hingga timbul bisul.

Sebagai salah satu struktur protein, kolagen memiliki peran penting untuk membangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit sehingga membuat tubuh menjadi tegak.

"Selain itu, 70 persen unsur yang membuat kulit kencang adalah kolagen," katanya.

Seiring bertambahnya usia, asupan kolagen dalam tubuh pun akan menurun sehingga muncul beberapa masalah kulit seperti kulit menjadi kendur (keriput) atau mulai muncul cekung pada bagian bawah mata.

"Penurunan kolagen terjadi setelah pubertas. Biasanya usia 20-an tahun. Namun, pada dasarnya tiap orang mengalami masa yang berbeda," jelasnya.

 
Baca Berita Asal
Penyebab dan Ciri-Ciri Alergi Kolagen
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyebab dan Ciri-Ciri Alergi Kolagen"

Post a Comment

Powered by Blogger.